Selasa, 24 April 2018

Tugas
Ujian Akhir Semester
Sistem Informasi Manajemen Dakwah
 Dosen : Mazayyatul Mifrihah, MM. 
Di Susun
O
l
e
h
:

Dwi Rachmat Saputra
(11533006)

Manajemen Dakwah 5/B
Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah
Insitut Agama Islam Negeri Pontianak
Tahun Ajaran 2017 – 2018



1.      Menurut anda apakah di dalam menggelola dakwah peran sistem informasi manajemen sudah dimanfaatkan dengan baik, sertakan dengan contoh sesuaikan lingkungan anda.
2.      Aplikasi seperti apa yang sering di manfaatkan dalam memanage dakwah, jelaskan
3.      Apa manfaat informasi dan komunikasi dalam pengambilan keputusan, sertrakan juga dengan contoh (kasus).
4.      Coba ceritakan peran komputer dalam pengembangan tekhnologi informasi dan komunikasi ketika di manfaatkan dalam managemen dakwah.
5.      Berikan penjelasan mengapa suatu sistem harus di kembangkan. Sertakan dengan contoh. 

JAWABAN
1.      Menurut saya peran sistem informasi manajemen yang di lakukan untuk mengelola dakwah sudah cukup baik. Karna saat ini tehnologi informasi sangat di butuhkan untuk menebar kebaikan berupa kerohanian seperti penyampaian isi kandungan Al-Quran dan hadis, sistem informasi manajemen sangat menjamin tersebarnya informasi yang menarik, bermanfaat, dan baru, namun sistem informasi harus di kelola dan di tata dengan baik sehingga berdampak positiv untuk di ketahui oleh smua kalangan.

Contohnya :
Seperti saat ini yang sangat dominan di gunakan oleh semua kalangan untuk menyebarkan informasi adalah median sosial yang mana media sosial mampu menyebarkan informasi yang dapat di ketahui hingga berhari-hari lamanya. Seperti menyebarkan berita “TABLIGH AKBAR” atau “FESTIVAL SENI” yang di adakan di kota pontianak maka untuk menyebarkan informasi ini harus menggunakan media sosial seperti facebook sehingga informasi tersebut sampai kepada masyarakat.
2.      Berikut ini aplikasi yang sering di gunakan untuk memanaje dakwah ialah:
a.       Facebook
Facebook di gunakan untuk memenejemen informasi berupa dakwah yang di sampaikan oleh ‘Ulama, muballigh, ustadz dan ustadzah. Sehingga para penikmat dakwah (Mad’u) bisa mendengarkan secara langsung apa yang di sampaikan oleh pendakwah tersebut.
b.      Instagram (IG)
Instagram adalah salah satu aplikasi yang banyak di gunakan oleh masyarakat, dengan aplikasi ini maka seorang manajer mampu memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menyebarkan dakwah yang di sampaikan para muballigh.
c.       WhatsUpp
Whatsupp adalah aplikasi yang paling dominan di gunakan oleh smua pengguna Android, namun whatsupp juga salah satu aplikasi yang sangat efektif untuk menyebarkan dakwah-dakwah islam.
d.      Youtube
Youtube adalah aplikasi yang didalamnya menghimpun berbagai macam vidio, namun dengan apliakasi ini para manajer dakwah bisa membuat satu akun untuk menyebarkan vidio yang bersifat islami, sehingga kita bisa mencari dan menemukan vidio-vidio dakwah yang pernah ada.

3.      Berbicara tentang Manfaat informasi dan komunikasi dalam pengambilan keputusan adalah suatu yang sangat berhubungan erat bahkan tak terpisahkan karna setiap ingin mengambil sebuah keputusan yang benar maka sangat diperlukannya sebuah informasi yang aktual dan efisien. Setelah mendapatkan sebuah informasi maka akan di lakukan sebuah hubungan atau mengkomunikasikan berdasarkan informasi tersebut, jika telah benar informasi tersebut maka kita bisa mengambil keputusan yang bijak dan benar.
Contoh (kasus):
Contoh kasus yang dapat di ambil adalah seperti seorang ketua kelas yang sedang mengayomi anggota kelasnya, yang pada saat itu ketua kelas dan para anggota kelas sedang kebingungan mengenai jadwal kuliah pada jam sore hari sedangkan para anggota kelas banyak yang ingin mengajar TPA di waktu sore hari, namun berdasarkan informasi bahwa dosen yang mengajar sore itu memiliki jadwal kosong pada hari lain, maka dari itu ketua kelas segera menyelidiki tentang kebenaran informasi tersebut setelah informasi tersebut benar dan akurat maka ketua kelas langsung segera mengkomunikasikan kepadapara anggota agar jadwal kuliah sore hari di pindahkan ke pagi hari, maka disinilah letak kebijakan seorang pemimpin kelas untuk mengambil sebuah keputusan.
4.      Peranan komputer saat ini sangat penting, salah satunya pada perusahaan atau instansi  yang berkaitandengan dakwah yang didalamnya terdapat kaitannya untuk memperoleh dan menebar informasi dakwah dengan cepat. Sebagai sarana untuk memberikan informasi dan komunikasi, komputer memberikan pengaruh yang cukup besar dalam penghematan dan efisiensi waktu. Dengan semakin kompleknya masalah yang ada di perusahaan, salah satunya berkaitan dengan sistem penjualan. Peranan komputer semakin nyata manfaatnya dan memberikan banyak kemudahan terutama bagi penggunanya. Persaingan yang ketat dalam dunia informasi komunikasi memaksa setiap perusahaan dakwah harus memaksimalkan kemampuan yang mereka miliki, sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain tanpa melupakan tujuan yang telah direncanakan. 

 Peran komputer dalam pengembangan sistem informasi dan komunikasi ketika di manfaatkan untuk manajemen dakwah. Peran komputer dalam mengembangkan sistem informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang sangat bermanfaat jika di gunakan untuk memenejemen dakwah apalagi di gunakan untuk menebarkan ceramah agama yang berkualitas. Maka peran komputer untuk mengembangkan sistem informasi dan komunikasi sangat diperlukan. Apalagi dengan di dorongnya zaman yang semakin maju dan sudah banyak pula orang yang menggunakan alat informasi dan komunikasi yang canggih maka untuk mengembangkan sistem informasi dan komunikasi sangat di dukung dengan sepenuhnya

5.      Sistem harus di kembangkan karna:
a.       Permasalahan yang kerap kali terjadi peda sistem. contohnya sistem yang sering eror sehingga harus di kembangkan.
b.      Sistem yang belum terbentuk dengan sempurna sehingga sistem tersebut harus di perbaharui untuk meminimalisisr kesalahan.

c.       Mendapatkan perintah dari atasan. Atasan memberikan perintah agar mengganti sistem yang lama dengan sistem yang baru atau perintah untuk mengembangkan sistem yang lama menjadi leebih canggih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar