Kamis, 14 September 2017

Wawancara Haji

WAWANCARA

Haji adalah ziarah umat islam tanah suci mekkah, kota suci umat islam. Haji adalah salah satu rukun islam yang ke-5, di samping syahadat, sholat, zakat dan puasa. Haji adalah pertemuan tahun terbesar umat muslim di dunia. 

Beberapa kegiatan yang akan di laksanakan ketika haji
1.      Niat (Ihram)
2.      Tawaf
3.      Sa’i
4.      Tahallul
5.      Lempar jumrah
6.      Bermalam di mina
7.      Bermalam di muzdalifah
8.      Mengunjugi madinah.

Nah ketika umat musli melaksanakan perjalanan haji tentunya para jamaah haji memiliki kesan yang sangat di kenang oleh mereka saat di tanah suci mekkah Al-Mukarramah. Seperti bapak Haji yang berinisial M.M ini ketika saya wawancarai setelah Sholat isya, tepatnya pukul 19.27 WIB
Bapak Haji M.M adalah salah satu jamaah haji pada tahun 2007 dan saat ini memang beliau sudah memiliki umur yang cukup tua. Saya selaku questioner bertanya kepada bliau:
Saya: Bapak hal apa yang paling berkesan menurut bapak ketika bapak melaksanakan ibadah Haji ?
Haji M.M : yang sangat berkesan menurut saya adalah ketika kita melaksanakan wuquf di padang arafah.
Saya: mengapa ? tanya saya
Haji M.M: karna salah satu tempat yang sangat di ijabah do’a kita adalah ketika kita melaksanakan wuquf, jadi saya banyak-banyak berdo’a memohon ampunan kepada Allah SWT memohon agar di mudahkan segala urusan dunia dan di berikan surga oleh allah SWT. Dan saat melaksanakan wuquf ini kita di uji dengan mental fisik, jadi fisik kita harus mampu harus sabar, dan tidak boleh melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat, seperti bergurau, ngomong yang tidak bermanfaat danlain sebagainya.
Demikian tutur beliau saat di wawancarai, beliau mengatakan semuanya sangat berkesan namun hal yang sangat berkesan adalah ketika wuquf di arafah.

Wallahua’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar