Minggu, 21 Mei 2017

PENGERTIAN, RUANG LINGKUP, DAN MANFAAT MEMPELAJARI KOMUNIKASI ISLAM

     A. Pendahuluan
n   Banyak orang berbicara tentang komunikasi dan mengaitkan kejadian baik dan buruk dengannya. jika bertanya kepada seseorang tentang faktor menjelitnya karir orang tertentu dalam waktu relatif cepat hampr bisa di pastikan bahwa di antara jawabannya adalah karenaorang tersebut memiliki kecakapan dalam berkomunkasi.
     B. Definisi Komunikasi Islam
1. Definisi Komunikasi
Komunikasi berasal dari kata Comunication yang berarti suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang , tanda atau tingkah laku. Dalam bahasa arab, komunikasi bisa dikatakan Tawashul dan ittishal. Menurut Awadh mengatakan bahwa komunikasi ( ittishal ) adalah melakukan cara yang terbaik dan menggunakan sarana yang terbaik untuk memindahkan informasi, makna rasa, pendapat kepada pihak lain dan mempengaruhi pendapat mereka dengan apa yang kita inginkan apakah dengan menggunakan bahasa atau dengan yang lain. Washal artinya sampai. Tawashul artinya proses yang dilakukan oleh dua pihak yang saling bertukar informasi sehingga pesan yang disampaikan dipahami atau sampai kepada dua belah pihak yang berkomunikasidan jika komunikasi hanya dilakukan satu arah itu tidaak bisa dikatakan tawashul.
2.     Definisi Islam
Di sini banyak sekali definisi tetang islam. Diantaranya :
·       Islam adalah bersyahadat bahwa tiada illah selain Allah, Muhammad adaah Rasulullah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa, dan menunaikan ibadah haji.
·       Islam adalah kerendahan, penyerahan diri dan ketundukan kepada Allah Robbul ‘Alamin.
·       Islam adalah sistem umumdan peraturan lengkap tentang urusan kehidupan, serta paduan meniti kehidupan dan segala konsekuensi dari penerimaan atau penolakan terhadap ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT.
3. Definisi Komunikasi Islam
Komuniaksi islam adalah komunikasi yang dibangun atas prinsip – prinsip islam yang memilki ruh kedamaian, keramahan, dan keselamatan. Berdasarkan Al Quran dan Sunnah, komunikasi islam adalah komunkasi yang berupaya untuk mebangun hubungan dnegan diri sendiri, dengan sang pencipta, serta denga sesama utnuk menghadirkan kedamaian, keramahan dan keselamatan buat diri dan lingkungan dengan cara tunduk dengan perintah Allah dan Rasulnya.
     C.     Ruang Lingkup Kajian Komunikasi Islam
Objek kajian ilmu komunikasi islam terdiri dari tiga paket kajian yakni :
·       Komunikasi manusia dengan Allah
·       Komunikasi manusia dengan diri sendiri
·       Komunikasi manusia dengan manusia yang lain.
D. Definisi Komunikasi Islam
Survei membuktikan bahwa 90 % kegiatan manusia sehari – hari ialah komunikasi. Hal ini membuktikan peranan penting dari komunikasi. Kehadiran ilmu komunikasi islam bertujuan untuk membimbing kaum muslimin secara khusus dan manusia secara umum agar mampu membangun komunikasi dengan sang pecipta, diri sendiri, serta dengan sesama berdasarkan dengan prinsip – prinsip islam.

Sumber : Hefni, Harjani. 2015. "Komunikasi Islam. Jakarta : Prenadamedia Group

Tidak ada komentar:

Posting Komentar