Minggu, 21 Mei 2017

FUNGSI-FUNGSI KOMUNIKASI ISLAM

A.      PENDAHULUAN
fungsi-fungsi komunikasi islam dalam BAB ini di simpulkan dari istilah-istilah komunikasi yang telah di sebutkan dalam BAB 4.
ISTILAH KOMUNIKASI
FUNGSI
NABA’ DAN KHABAR
Menginformasikan
HIWAR DAN JIDAL
Meyakinkan
TADZKIR DAN INDZAR
Mengingatkan
TABLIGH DAN TABSYIR
Memotivasi
TA’ARUF
Sosial
IRSYAD DAN WASIAT
Bimbingan
MAU’IDZAH DAN NASIHAT
Kepuasan Spiritual
IDKHAL AL SURUR
Menghibur

B.      FUNGSI – FUNGSI KOMUNIKASI
1.       Fungsi Informasi
Informasi adalah kehidupan, karena sejak lahir seluruh perangkat untuk menyerap informasi seperti mata, telinga dan hati sebagai perangkat utama kehidupan sudah terpasang dan siap difungsikan. Selain alat peangkap informasi, Allah juga sudah menyiapkan perangkat untuk menyampaikan kembali informasi yang telah ditangkap kepada orang lain.

2.       Fungsi Meyakinkan
Di antara fungsi penting komunikasi islam adalah fungsi meyakinkan. Fungsi meyakinkan artinya membuat ide, pendapat, gagasan yang kita miliki bisa diterima oleh orang lain dengan senang hati dan tidak terpaksa. Fungsi meyakinkan dalam komunikasi islam bisa dicapai diantaranya dengan metode hiwar dan jidal.

3.      Fungsi Mengingatkan
Lupa adalah sifat yang tidak bisa berpisah dari manusia. Diantara penyebab lupa adalah :
·         Tergesa – gesa
·         Faktor godaan syetan
·         Faktor keturunan
·         Faktor usia
·         Menganggap remeh suatu masalah
Metode yang digunakan agar tidak mudah lupa diantaranya :
·         Menjaga kesehatan tubuh
·         Hidup yang tertata
·         Mencari suasana yang nyaman, aman dan tenang
·         Selalu membaca dan melakukan kajian
·         Tidak terburu – buru dalam melakukan pekerjaan
Diantara masalah yang paling banyak dilupakan dan dilalaikan manusia adalah masalah agama. Dakwah agama adalah salah satu cara untuk menginformasikan kepada manusia agar selalu ingat tentang tujuan hidup dan bagaimana mengisi hidup yang sebenarnya. Metode komunikasi dalam dakwah yang paling cocok untuk merealisasikan fungsi mengingatkan adalah metode tadzkir dan indzar.

4.       Fungsi Memotivasi
Manusia dalam hidupnya memerlukan charge karena semangat hidup manusia secara umum tidak stabil. Charge itu yang disebut dengan motivasi. Metode memotivasi diri sendiri adalah metode yang paling ideal. Selain metode memotivasi diri sendiri manusia juga bisa termotivasi jika mendapat suntikan motivasi dari orang lain. Komunikasi adalah salah satu metode untuk menyuntikkan motivasi kepada orang lain. Metode yang paling cocok untuk menyuntikkan motivasi dalam komunikasi islam adalah metode tablig dan tabsyir.

5.       Fungsi Sosialisasi
Manusia dalam hidupnya tidak terlepas dari berbagai macam kebutuhan. Kebutuhan manusia itu diantaranya :
·         Kebutuhan Fisiologi Dasar
·         Kebutuhan Rasa Aman
·         Kebutuhan Sosial untuk di cintai dan di sayangi
·         Kebutuhan akan penghargaan
·         Kebutuhan aktualisasi diri
Tidak mungkin sosialisasi dilakukan tanpa komunikasi. Dalam Al Quran fungsi sosialisasi disebut dengan ta’aruf. Ta’aruf adalah salah satu metode komunikasi yang sangat efektif.

6.       Fungsi Bimbingan
Diantara fungsi komunikasi adalah utnuk membimbing manusia. Dalam komunikasi islam, fungsi emmbimbing di sebut dengan irsyad. Ada empat fokus utama komunikasi dalam membimbing seseorang : pertama, membimbing orang untuk melakukan kebaikan dan menangkal mereka untuk melakukan perbuatan negatif. Kedua, memperbaiki atau memulihkan kondisi mereka yang sudah rusak. Ketiga, mengarahkan orang untuk menemukan potensi yang dimiliki dan keempat mengembangkan potensi manusia agar lebih maksimal.

7.      Fungsi Kepuasan Spiritual
Metode yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan spiritual manusia adalah mau’idzah dan nasihat kepada mereka.

8.      Fungsi Hiburan
Ketika mendapatkan kebahagiaan, islam mengajarkan kepada penganutnya agar mengucapkan syukur atas nikmat yang telah didapat. Kata bisa membuat orang menjadi tentram, meskipun tidak jarang kata itu melukai. Memasukkan kebahagiaan hati kedalam hati orang lain didalam hadits disebut dengan idkhal al surur.


 Sumber :  Hefni, Harjani. 2015. "Komunikasi Islam". Jakarta : Prenadamedia Group

Tidak ada komentar:

Posting Komentar